Tips dan Trik bermain poker.....>!!!!


Trik main poker,…!!!!
Lintas Strategi -  
Dari hasil googling ternyata dapat juga referensi yang g ada salahnya untuk di coba- Salam sobat poker, Sudah berlevel di Champions kah level bermain poker anda di Zynga Poker? atau sudah berapa chipskah yang anda selama ini dapatkan? Atau mungkin sudah seberapa mahirkah stategi anda dalam bermain poker? saya yakin apapun level
anda, ataupun anda seorang pemula ataupun sudah menua (hehe) masih amatir atau sudah mahir, bagi saya itu tidak penting, yang penting apakah anda sudah tahu tentang artikel yang saya tlis ini.

Sebelumnya saya sudah memberikan anda mulai dari strategy yang pertma hingga saat inilah endingnya yaitu
Rata-rata pemain yang cukup mahir poker ini hampir pasti akan memainkan segala kartu gambar (A,K,Q,J) dengan gap (selisih jarak) kartu straight, misalkan :Ah-:Tc, :Ks-:9d, :Qc-:8s, :Jd-:7h serta segala kartu gambar suit (sedaun) untuk membuat kombinasi flush, sedangkan rata-rata pemain pemula akan memainkan segala kartu gambar (A,K,Q,J) dengan gap (selisih jarak) tanpa straight, misalkan :As-:8c, :Kh-:6s, :Qd-:3h, Jc-:2s serta segala kartu suit (sedaun) untuk membuat kombinasi flush, misalkan :2h-:4h, :3c-:6c, dll.
  1. Rata-rata pemain yang cukup mahir poker akan melakukan raising jika memegang kartu premium dengan tujuan mempersempit ruang bagi kartu-kartu medium untuk ikut bermain, sedangkan rata-rata pemain pemula akan melakukan raising dengan kartu medium ke bawah (:As-:Jd, :Ac-:Th,…:Qh-:Ts) dengan tujuan memperbesar nilai pot, tanpa maksud apapun dan jika flop meleset tidak pernah melakukan Continuation Bet (betting kuat pada babak flop).
  2.  Rata-rata pemain yang cukup mahir poker akan melakukan betting secara kuat saat memegang Top Pair (Salah satu Kartu di tangan membuat pasangan dengan kartu tertinggi di board) misalkan kartu di tangan :Ks-:Jc dan flop :Kh-:8c-:2d maka :Ks-:Kh adalah Top Pair, sedangkan rata-rata pemain pemula akan melakukan betting yang kuat saat memegang Middle Pair terlebih Top Pair, misalkan kartu di tangan :9c-:7s dan flop :Jh-:9s-:4d maka :9c-:9s adalah Middle Pair.
  3. Rata-rata pemain yang cukup mahir poker akan melakukan melakukan Check-Raising jika memegang kombinasi kartu yang kuat, sedangkan rata-rata pemain pemula akan melakukan betting yang kuat secara terus-menerus jika memegang kombinasi kartu yang kuat.
  4. Rata-rata pemain yang cukup mahir poker akan melakukan Bluffing saat gagal melakukan drawing untuk straight atau flush sedangkan rata-rata pemain pemula akan melakukan check jika gagal melakukan drawing tersebut.
  5. Rata-rata pemain yang cukup mahir poker akan melakukan All-In jika dalam keadaan short-stack dan memegang Kartu Premium (A-A,K-K,Q-Q-,J-J dan A-K) sedangkan rata-rata pemain pemula tidak melakukan All-In jika dalam keadaan short-stack dengan kartu premium.
  6. Dari ciri permainan di atas dapat kembali sedikit saya simpulkan kesulitan yang akan anda alami dalam bermain poker di facebook ini, yaitu:

  • 1. Anda akan kesulitan memproteksi/melindungi kombinasi kartu anda, misalkan anda memegang kartu :As-:Kh dan flop menghasilkan :Ac-:7h-:9d rainbow, di sini anda memegang Top Pair Top Kicker tersisa 3 orang lawan. Anda melakukan betting 3/4 pot yang membuat 2 orang lawan melakukan folding, 1 orang lawan lagi melakukan calling untuk melihat kartu Turn yang ternyata kartu :2c (:Ac-:7h-:9d-:2c). Dari pantauan anda saat ini anda masih memimpin di bawah ancaman 2 pair dan drawing straight, anda melakukan betting 3/4 pot lagi dan lawan tersebut melakukan calling lagi untuk kartu River (terakhir) yaitu kartu :8h, anda sekarang benar-benar berada di bawah ancaman kombinasi straight, untuk itu anda melakukan testing dengan melakukan betting 1/3 pot dan lawan ternyata melakukan raising All-In, anda tahu anda kalah dan menduga kartu lawan adalah straight dengan 4-5, 10-J atau 10-6, selanjutnya anda memutuskan untuk fold. Keputusan anda benar, ternyata lawan anda dengan bangganya memperlihatkan kartunya yaitu :Ts-:6d. Dari contoh di depan, anda akan seringkali menemukan pemain seperti ini di facebook poker, tahukah anda kalau pemain ini pada contoh telah melakukan sebuah Gutshot (calling secara nekad/untung-untungan) dengan outs hanya 4 buah kartu 8 yang tingkat keberhasilannya hanya 7% saja. Di facebook banyak terdapat pemain yang nekad untuk mengejar kombinasi kartunya tanpa perduli akan kalah, sehingga anda yang serius dalam bermain akan dirugikan akibat ketidakmampuan anda melindungi kartu kombinasi yang kuat tersebut. Pada poker online para pemain akan berpikir 10 kali untuk melakukan gutshot, tetapi di facebook poker justru sebaliknya, anda malah akan sering bertemu dengannya.
  • 2. Anda akan kesulitan membatasi ruang pemain (melakukan isolasi) dengan hanya melakukan raising 3-4 kali big blind karena akan ada saja pemain yang nekad pula dan berharap beruntung menangkap sesuatu pada flop dengan kartu lemah di tangan. Pada 3 jam sesi permainan saya, puluhan kali saya mendapatkan kartu premium dan hanya beberapa kali saja menang, sisanya saya mengalami kekalahan akibat pemain nekad ini. Kemenangan itupun akibat saya melakukan raising All-In, sedangkan kekalahan yang saya alami akibat melakukan raising secara normal.
  • 3. Anda akan kesulitan mengukur range (rentang) starting hand lawan-lawan anda karena mereka memainkan hampir semua strating hand yang dibagikan untuk mereka.
  • 4. Anda akan kesulitan membangun "tabel image" yaitu mencirikan diri anda sebagai pemain yang kuat dan selektif dalam memainkan starting hand, sehingga hal ini akan berimbas pada rasa respek pemain lain terhadap anda. Tetapi di poker facebook kebanyakan para pemain tidak perduli dengan hal ini, mereka tidak akan respek jika anda melakukan raising walaupun dengan kartu A-A, pasti ada yang akan melakukan calling…lol..:D
  • 5. Anda akan kesulitan dalam "memainkan lawan"/melakukan manuver pada poker facebook. Hal ini disebabkan karena kebanyakan para pemainnya sibuk dengan kartunya sendiri dan tidak memperhatikan cara bermain lawan-lawannya saat itu, sehingga anda tidak dapat melakukan aksi "seolah-olah memiliki suatu kombinasi yang kuat" dengan mereka karena aksi tersebut tidak akan mempan akibat ketidakperhatian mereka terhadap permainan anda.
  • 6. Anda akan kesulitan dalam mengukur besaran betting terhadap suatu kombinasi yang anda pegang semenjak keinginan yang besar dari para pemain lain"untuk selalu berada/terlibat dalam pot" yang nantinya jika mereka berhasil menangkap kartu yang diinginkan akan membuat kekalahan besar bagi anda.
  • Sampai di sini saya mengharapkan anda untuk memahami perilaku pemain dan situasi yang terjadi pada poker facebook. Penyebab perilaku dan situasi tersebut di atas terjadi, menurut logika dan asumsi saya adalah disebabkan oleh:


1. Chip Poker Facebook tidak memiliki nilai riil seperti chip di poker online atau di kasino sehingga rasa "Nothing to loose" dari pemain menjadi sangat tinggi.
2. Para pemain kebanyakan berasal dari pemula yang tidak mengerti permainan poker yang sesungguhnya, sehingga memperlakukannya sebagai permainan "gambling" yang mengandalkan keberuntungan semata tanpa memperhatikan adanya unsur skill dan manajemen didalamnya.
3. Terdapat pula jenis pemain yang bermain poker untuk bersenang-senang dan bersosialisasi, inilah tujuan sebenarnya dari aplikasi poker facebook ini dibuat, untuk hiburan dan bukan sebagai sesuatu yang serius dan melibatkan aspek psikologi yang lebih mendalam (poker adalah permainan yang menuntut kemampuan dan pengetahuan psikologis yang tinggi).
Setelah anda memahami review saya tentang poker facebook di atas, mungkin anda bertanya-tanya: "Mana nih cara untuk menang pokernya?". Justru dengan pemahaman kondisi permainan poker facebook di atas maka anda dapat meramu cara untuk menangnya. Untuk mempersingkat waktu saya langsung ungkapkan cara untuk menang poker facebook seperti di bawah ini berdasarkan telaahan di atas dan uji coba saya di poker facebook ini pada sesi permainan saya selanjutnya, yaitu:
1. Maksimalkan Keuntungan Kartu Premium Anda.
Kedengarannya sangat sederhana ya? Namun benar demikian adanya, dari 10 kali saya menerapkan prinsip ini hanya 2 kali saya kalah dan 8 kali menang, caranya seperti ini:
a. Pertama kali bergabung di suatu meja, selalu lakukan buy-in secara maksimal.
b. Jika anda memperoleh premium starting hand (A-A, K-K, Q-Q, J-J dan A-K), lakukan betting minimal 1/2 dari stack anda, misalkan stack anda 10000 maka bettingnya adalah 5000. Jangan takut melakukan ini, karena anda adalah favorit pemenang dengan starting hand ini. Jumlah raising ini 1/2 stack ini sangat cukup untuk mengisolasi pemain dengan kartu medium namun masih cukup memadai untuk dilakukan calling oleh lawan yang memegang kartu yang cukup kuat.
c. Jika lawan melakukan reraising maka lakukan CAP dengan melakukan All-In, "do or die", lakukan coin flip karena anda memegang kartu premium dan menjadi favorit pemenang.
d. Jika memegang kartu yang cukup kuat (A-Q, A-J dan K-Q) raising 5-6 kali big blind, jika berhasil membuat kombinasi minimal Top Pair pada flop lakukan betting 1/2 pot, jika mengalami reraising maka cek pada board kemungkinan 2 pair, drawing straight atau flush, jika aman reraising All-In, jangan takut sebab pada telaahan di atas saya sebutkan ada pemain pemula yang berani melakukan betting dengan middle pair, jadi buat suasana coin flip lagi karena anda cukup favorit dengan Top Pair dan kicker yang besar.
e. Jika memegang pair kecil usahakan untuk melihat flop semurah mungkin agar dapat membuat Three Of A Kind (Trip), jika tidak berhasil maka lakukan folding, jika berhasil maka hujam pot dengan melakukan All-In.
f. Jika dalam beberapa kali all-in anda berhasil melipat gandakan chip anda maka saatnya anda untuk "cabut" dari meja tersebut, simpan strategi "keberuntungan" anda ini untuk meja lainnya.
2. Jangan Takut Untuk Menjadi Sedikit "Gila"
Dalam bermain poker kita harus sedapat mungkin menghindari untuk dapat ditebak lawan dalam kita bertindak. Biasanya lawan akan mendeteksi pola permainan kita lewat pola betting yang kita lakukan. Setelah beberapa kali berhasil menggunakan strategi poin 1 di atas, anda akan menarik perhatian para pemain di meja tersebut, sehingga kemungkinan startegi yang anda ulangi pada kesempatan berikutnya menjadi "tidak laku" karena lawan anda akan telah menduga kartu apa yang sedang anda mainkan. Untuk itu saatnya bagi anda untuk bermain sedikit "gila" dan membuang sedikit chip anda dengan tujuan mengaburkan pegangan kartu anda terhadap lawan-lawan anda. Misalkan saat itu anda memegang kartu 7-8 suit lakukan raising sebesar 5-6 kali big blind, lihat flop, jika berhasil membuat pair atau memiliki peluang drawing straight atau drawing flush, maka lakukan betting lagi sebesar 1/2 pot dan berlagak "seolah-olah" anda sedang memegang kartu premium. Kemungkinan saat itu semua lawan anda melakukan folding karena beberapa kali anda melakukan pola seperti itu maka anda yang selalu keluarmenjadi pemenangnya. Saat folding itulah anda tunjukkan kartu anda sebenarnya, sehingga tindakan anda ini akan menimbulkan persepsi yang kuat bagi lawan anda bahwa anda tidak selalu memainkan starting hand premium. Ketika anda kembali memegang kartu premium maka "dagangan anda akan laku dan mendapat pembeli lagi" karena mereka menjadi tidak yakin kembali bahwa anda memegang kartu premium saat itu. Perlu dicatat di sini untuk mengatur frekwensi anda "berlagak" dan memainkan kartu yang sebenarnya, intinya buat lawan-lawan anda untuk sulit menebak apa yang sedang anda mainkan.
3. Seandainya Anda Memiliki Sedikit Kesabaran Saja
Jika anda sering membaca artikel atau ebook tentang poker, maka anda pasti menemukan kata "kesabaran" didalamnya. Kenyataannya memang demikian, 95% dari pemain poker termasuk saya dahulu tidak memiliki kesabaran ini. Kesabaran jarang sekali ditemukan secara alamiah pada diri seorang pemain poker, ia harus dipelajari dan dilatih untuk mendapatkannya dan buah dari kesabaran ini adalah kedisiplinan, kepatuhan dan ketaatan. Sangat tidak mudah untuk menjadi sabar saat anda baru saja mengalami kekalahan telak yang mengakibatkan anda kehilangan ratusan ribu chip anda. Satu langkah dari keadaan itu telah menunggu sesuatu yang "menyeramkan" dalam permainan poker, yaitu anda berada dalam Keadaan "Tilt" atau kehilangan pengendalian emosi yang mengakibatkan anda "mengamuk" dalam bermain sehingga semakin bertambah banyak chip anda yang melayang. Oleh sebab itu kesabaran wajib anda miliki dalam bermain poker agar anda dapat disiplin dalam menunggu starting hand yang bagus dan tidak membuang-buang chip anda dengan memainkan kartu yang tidak pantas untuk dimainkan.

Kepatuhan untuk mengikuti pilihan starting hand juga sangat anda butuhkan dalam bermain poker ini dimana pilihan tersebut tergantung pada posisi anda relatif pada dealer. Jika anda tidak memiliki kepatuhan maka anda akan memainkan starting hand – out of position (bukan pada tempatnya) yang akan membuat anda terjebak dalam suatu kondisi yang mengakibatkan anda akan kehilangan banyak chip. Sebagai contoh anda berada pada posisi awal dan dibagikan starting hand Q-J. Starting hand ini bagus untuk dimainkan dari posisi tengah dan akhir, tetapi tidak boleh dimainkan dari posisi awal. Jika anda tidak patuh akan hal ini dan anda memutuskan melakukan limping (calling sebesar big blind) selanjutnya seorang pemain dari posisi tengah melakukan raising 4 kali big blind dan seorang pemain diposisi akhir selanjutnya melakukan reraising 6 kali big blind, kembali pada giliran anda, haruskah anda melakukan calling dengan kartu Q-J tersebut? Oke anda memutuskan untuk melakukan calling terhadap raising 6 kali big blind tersebut. Tetapi tunggu dulu, urusan belum selesai ternyata raiser yang asli tidak terima kalo raisingnya di reraise orang lain maka ia kembali melakukan reraising sebesar 1 kali pot dan lawan yang satu lagi melakukan reraising sebesar 1/2 pot lagi, giliran anda? Calling ataukah folding. Jika melakukan calling bagaimana jika kartu pegangan lawan adalah A-A atau K-K, sanggupkah Q-J anda mengatasinya? Oleh sebab itu menjadi patuhlah dengan posisi dan starting hand yang boleh dimainkan agar anda tidak terjebak dalam permainan yang menyulitkan akibat pilihan starting hand anda.
Selanjutnya adalah ketaatan untuk menjalani Stop Loss yaitu batasan jumlah chip anda yang anda relakan untuk kalah, misalkan anda membuat stop loss pada 50000 chip dan exit plan pada 150000 maka taatilah itu. Rasa penasaran karena kalah sebenarnya dimulai dari ketidaksabaran untuk menang…
4. Terakhir dan inilah kunci rahasia utama dari kemenangan bermain poker baik di facebook maupun di poker online secara konsisten adalah sebagai berikut:
"Selalulah berada satu langkah di depan lawan anda saat memainkan starting hand anda dan jangan takut untuk kalah karenanya"
Saya berikan contoh aplikasinya sebagai berikut:
Saya memegang starting hand :Ts-:Th pada posisi akhir melawan 2 orang yang melakukan calling atas raising 6 kali big blind yang saya lakukan preflop dan flop menghasilkan :3d-:4c-:9h, apakah yang harus saya lakukan dengan flop ini. Dari awal saya memutuskan untuk memainkan starting hand tersebut saya telah meletakkan range (jarak) untuk melakukan folding jika muncul kartu gambar atau terjadi full connection pada board baik untuk straight atau flush. Karena flop tidak memenuhi kriteria untuk melakukan fold maka alternatif berikutnya adalah melakukan continuation Bet (CB) yaitu tembakan besar selanjutnya untuk memaksa lawan melakukan folding dan memenangkan pot tersebut saat itu juga. Bagaimana jika CB anda mendapat calling atau raising dari lawan? Jika anda perhatikan flop yaitu :3d-:4c-:9h dan sehubungan dengan flop tersebut maka anda dapat kembali mengukur range lawan yang paling memungkin untuk mau melakukan calling atas CB tersebut yaitu 3-3, 4-4, 9-9, 3-4, 8-9, 9-10, 9-J, 9-Q, 9-K, 9-A dan A-2. Raising sebanyak 6 kali big blind bukanlah hal yang kecil dan jika anda pernah mendengar teori dari David Sklansky tentang "Gap Concept" yang berbunyi:
"Untuk melakukan calling terhadap suatu raising maka dibutuhkan kartu yang lebih kuat dibandingkan kekuatan kartu untuk melakukan raising itu sendiri".
Jadi di sini anda dapat mencoret pilihan kartu di atas yang lebih lemah dari pair 10 anda sehingga yang paling mungkin disini adalah pair 9 dengan kicker kartu gambar. Jadi jika anda mendapat calling atau raising dari CB itu maka anda harus meletakkan lawan anda pada top pair 9 dan dengan demikian anda masih memimpin dengan pair 10, sehingga anda tidak perlu merasa takut kalah dengan memainkan pair ini relatif terhadap board saat ini. Jika pada turn dan river anda masih memimpin (tidak ada kartu gambar dan pair 9 pada board) maka kemungkinan besar anda memenangkan ronde tersebut.
Dari contoh di atas dapat anda lihat bagaimana starting hand :Ts-:Th dari posisi akhir melakukan raising, dengan pembacaan flop yang benar akan memegang inisiatif menyerang walaupun anda tahu lawan memegang kartu yang besar namun board tidak berpihak pada lawan sehingga hal ini membuat anda unggul satu langkah dari lawan anda karena anda memiliki pair 10. Selanjutnya anda unggul pula karena memiliki inisiatif betting sehingga lawan anda akan selalu meletakkan anda pada range kartu premium, sehingga jika anda melakukan CB dan lawan meleset pada fold biasanya ia akan menyerah dan anda memenangkan pot, anda menang satu langkah lagi. Jadi sebenarnya pada permainan poker anda hanya melakukan 2 hal saja betting atau raising, jika anda memainkan starting hand sebaiknya mampu untuk melakukan kedua hal tersebut, jika tidak mampu maka sebaiknya melakukan folding karena kita tidak dapat menang hanya dengan melakukan check dan calling tetapi sebaliknya harus bermain ketat dan menyerang. Oleh sebab itu keunggulan satu langkah kita harus dimulai dari pemilihan starting hand yang tepat dan sesuai posisi, berani melakukan isolasi dan mempersempit ruang persaingan dengan melakukan raising, mampu dengan cepat membaca kemungkinan kombinasi terbaik pada board dan selanjutya berani melakukan Continuation Bet pada Flop dan Second Barrel pada Turn dan River.
Jika anda telah bermain poker dengan benar dan masih kalah juga, maka berbesar hatilah atas kekalahan tersebut, karena secara jangka panjang anda akan menjadi pemain pemenang dalam permainan poker karena keberuntungan tidak terjadi setiap saat sehingga yang tersisa adalah skill dan konsep bermain yang baiklah yang tidak akan pernah habis. Oleh sebab itu belajarlah bermain poker secara serius maka anda akan menjadi pemenang yang konsisten walaupun sekali-kali anda harus mengalami kekalahan karena itu adalah bunga permainan namun secara keseluruhan persentase kemenangan anda akan lebih besar dari kekalahan selama karir poker anda.

Silahkan menerapkan dan mencoba...!!! semoga berhasil sobat  "PQ"

1 comments:

Unknown said...

roulettejet Well, this is very interesting indeed. Would love to read a little more of this. Good post. Thanks for the heads-up.

Post a Comment